SELAMAT DATANG DI "LUKMAN BENTANG ALAM" TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG

Senin, 16 Maret 2009

Rest Area Cikapali




ABSTRAK

Jalan raya merupakan urat nadi dari kemajuan ekonomi suatu wilayah, untuk itu pembangunan jalan raya seperti jalan bebas hambatan/ jalan tol harus memberikan kenyamanan yang maksimal bagi penggunanya. Dalam perkembangannya, kebutuhan pengguna jalan akan jalan tol semakin meningkat, hal ini membuat pemerintah pusat bersama Kabupaten Subang melakukan pembangunan jalan tol dan sarana-sarana penunjangnya seperti Rest Area (kawasan peristirahatan).

Desain Rest Area yang direncanakan lebih menekankan pada kenyamanan dalam persinggahan dan peristirahatan yang atraktif, yaitu : PERENCANAAN TEMPAT ISTIRAHAT (REST AREA) DI RUAS TOL CIKAMPEK – PALIMANAN, DALAM UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN JALAN BEBAS HAMBATAN CIKAMPEK – PALIMANAN DI RUAS TOL KABUPATEN SUBANG JAWA BARAT.

Konsep utama dari bangunan Rest Area lebih menitik beratkan pada sirkulasi, yaitu kemudahan sirkulasi yang aman, meliputi jalan masuk ke bangunan dan sirkulasi kendaraan di site Rest Area sebagai bangunan publik yang berada pada kawasan jalan tol/ jalan bebas hambatan. Pengembangan pola sirkulasi yang aman dan efisien bagi pengguna jalan tol (pengunjung) dan pengelola.
Penampilan bangunan yang atraktif (didominasi ruang terbuka dan tata ruang luar), yang meliputi bentuk, fasade, bukaan, warna, tekstur, elemen lansekap, view, landmark dan path
Pemilihan massa bangunan ditentukan dengan menggunakan aspek Form Follow Function, meliputi :
1. Dapat mencerminkan fungsi di dalamnya (kejelasan)
2. Pemilihan bentuk massa disesuaikan dengan orientasi pada view jalan tol menuju kawasan
3. Bentukan akan memberikan kesan luas terhadap kawasan
4. Bentukan massa akan berorientasi pada kawasan jalan tol
Rest area diharapkan dapat mewadahi kegiatan penjualan barang dan jasa, maka penampilan bangunan harus dibuat konteks dengan fungsinya. Penampilan Rest Area memberikan kesan luas, atraktif dan aman sehingga dapat menarik perhatian pengguna jalan Tol. Perencanaan bangunan Rest Area dikaitkan dengan karakteristik bangunan didominasi warna cerah/terang, hal tersebut sebagai daya tarik/atraktif guna menarik pengunjung (pengguna jalan tol).


Tidak ada komentar: