SELAMAT DATANG DI "LUKMAN BENTANG ALAM" TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG

Senin, 24 November 2008

Cara membuat contur 3d Cepat

Trik ini muncul ketika saya menggarap penataan situ di daerah tangerang dan bekasi bersama mas Nuzul. Sangat membantu ketika kita harus membuat kontur 3d dalam jumlah banyak. (Situ yg saya garap saat itu ada 7 lokasi), karena saya hanya tinggal mengganti mapnya saja. Ini contoh hasilnya :














misalkan kita memiliki gambar cad sebuah contur situ. Biasanya kita menggunakan perintah terrain untuk membuatnya ke dalam bentuk 3 dimensi. Tapi bayangkan apabila computer kita memiliki spek yang pas-pasan…apalagi kurang dari standar. Alhasil untuk membuat menjadi kontur yang 3d akan menghabiskan waktu berjam-jam…belum lagi masalahnya pada saat merender…bisa-bisa computer kita ngehang….


Cara cepatnya yaitu
Dengan menggunakan bantuan PHOTOSHOP. Caranya :

1. Save gambar kontur situ cad kita ke dalam JPG, caranya klik link ini http://lukmanbentangalam.blogspot.com/2008/11/cara-save-gambar-autocad-ke-format.html
2. Buka gambar kontur situ JPG kita dalam program photosop
3. Disini buat gambar kita menjadi warna hitam sebagai situ dan putih sebagai tanahnya, supaya pertemuan kedua warnanya ada gradasi gunakan peintah stroke. Caranya pisahkan antara layer tanah dan layer situ, aktifkan layer situ klik di tab Layer-Layer style-Stroke, lalu ubah parameternya menjadi seperti ini :















Kira-kira hasilnya seperti dibawah ini :
















4. Simpan kembali gambar kontur situ hitam putih kita ke dalam JPG.
5. Tutup program Photoshop
6. Buka program 3dmax
7. Buat plan seukuran situ dilebihkan sedikit untuk lingkungan sekitar situ, perbanyak leng dan width segmentnya supaya nanti hasilnya lebih halus.



















8. Klik tab Modify, dan dalam modify rollout cari displace dan klik




















9. Isi bitmap di bagian image dengan bitmap gambar situ hitam putih tadi










10. isi displacement strength nya dengan kedalaman situ (kira-kira 3 m)









11. Kontur situ pun sudah jadi 3 dimensi
12. Kita tinggal melengkapinya dengan bangunan fasilitas situ dan mengisinya dengan material tanah dan rumput menggunakan Top/Button Material, caranya klik link ini http://lukmanbentangalam.blogspot.com/2008/11/material-kontur-dengan-topbottom.html Supaya lebih hidup lengkapi juga dengan pepohonan dan manusia menggunakan RPC caranya klik link ini http://lukmanbentangalam.blogspot.com/2008/11/rpc-cara-mudah-untuk-melengkapi-file.html
Sehingga hasilnya seperti ini : :













13. Untuk membuat kontur situ yang lainnya kita tinggal mengganti image bitmap pada displace dengan gambar situ hitam putih yg sebelumnya dibuat di photoshop. Cukup mudah dan cepat kan untuk membuat banyak kontur…..salam.

Tidak ada komentar: