SELAMAT DATANG DI "LUKMAN BENTANG ALAM" TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG

Senin, 24 November 2008

Material kontur dengan TOP/BOTTOM Material (1)

Cara pake material ini saya pelajari dari mas Hendri Hendratman dalam bukunya yang berjudul The Magic Of 3d Studio Max. (Silahkan beli untuk belajar keajaiban 3dmax lainnya…he…he).















Caranya cukup Mudah :
1. Buka program 3d max

2. Buat objek kontur dengan plane dan displace, caranya klik link berikut http://lukmanbentangalam.blogspot.com/
3. Aktifkan Material editor (klik M pada keyboard)
4. Aktifkan slot yg baru (berbentuk bola-bola berjajar). Klik tombol standart


















5. Double klik pada Top/Bottom


















6. Ganti diffusenya top material menjadi warna hijau dan bottom material menjadi warna coklat









7. Pemberian warna diatas hanyalah sementara, fungsinya untuk membedakan dimana warna hijau sebagai rumput dan coklat sebagai tanah.
8. Langkah selanjutnya anda tinggal mengganti warna diatas dengan material yang lebih detail. Caranya akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Tidak ada komentar: